Jumat, 08 Februari 2013

MANFAAT MADU DALAM DUNIA MEDIS

Madu memiliki berbagai macam khasiat yang sudah di kenal oleh semua umat manusia sejak zaman dahulu kala,madu juga di jadikan makanan favorit kebanyakan orang dari masa ke masa. kegunaan madu yang telah teruji melalui uji coba ilmiah diantaranya:

Sumber nutrisi yang bernilai tinggi
Madu bisa dikonsumsi bayi hingga orang dewasa sesuai dosis yang dianjurkan.ia cepat dicerna lambung,madu juga bisa cepat di serap didalam sistem limfe (getah bening)hingga sampai kealiran darah.disamping itu,ia juga berfungsi mengganti gula yang hilang disebabkan aktivitas tubuh dan fikiran.

Mudah larut dalam darah
Madu mudah larut dalam air hangat. Dalam 7 menit, madu juga akan larut dalam darah. Ini dikarenakan kandungan zat gula bebas. Zat tersebut berfungsi memudahkan kinerja otak.

Membantu proses pembentukan darah
Bagian terbesar dalam energi yang dibutuhkan dalam proses pembentukan darah bisa dipenuhi oleh madu. Di sisi lain, madu juga membantu proses penjernihan, sirkulasi darah, dan dapat menjadi anti-arteriosclerosis atau pengerasan pembuluh arteri.

Menetralisir kadar asam dalam darah
Meskipun madu mempunyai efek asam, namun ia merupakan faktor penting untuk menjaga alkali dalam darah. Persis seperti jeruk dan lemon. Kedua buah ini berefek asam, namun memiliki peran dalam pembentukan dan mewujudkan alkali di dalam darah apabila dikonsumsi. Terjaganya alkali dalam darah merupakan faktor penetralisir keasaman (asam laktik dan karbonik) pada jaringan tubuh yang diakibatkan kerja organ yang terlalu keras. Selain itu, madu juga berkhasiat dalam mengatur tekanan darah serta menambah kadar hemoglobin dalam darah.

Menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan hemoglobin
Al-Khayyath, seorang peneliti di pusat riset nasional Mesir menegaskan bahwa madu memiliki kemampuan luarbiasa dalam mencegah tekanan diaksoda. Ini karena madu memiliki kandungan antioksida yang tinggi sehingga madu efektif dalam menstabilkan tekanan darah dan menambah persentase hemoglobin dalam darah.

Menambah vitalitas dan energi saat berolahraga
Maka dari itu, sebelum berolahraga kita disarankan untuk meminum madu.

Melindungi tubuh dari penyakit
Ilmu pengetahuan modern telah menemukan bahwa zat prostaglandin terdapat di dalam madu. Prostaglandin merupakan zat penting dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kekurangan zat ini bisa mendatangkan berbagai penyakit.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Hydern Ghros seorang ilmuwan dari Universitas California di Davis mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi madu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dalam tubuh. Mekanisme kerjanya, madu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Menurut para ahli, zat tersebut bisa memperkecil ancaman berbagai penyakit ganas dan menakutkan seperti : kanker, jantung, gangguan otak, dan penyakit paru-paru. Madu juga mengandung zink yang berperan dalam mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh. Sel tersebut sangat berperan dalam melawan sel-sel kanker. Di samping itu, madu mengandung zat prostaglandin. Prostaglandin mempunyai peran vital dalam menjaga tubuh dari penyakit. Jika tubuh kekurangan zat ini maka berbagai penyakit akan muncul. Oleh karena itu, Ghros menganjurkan untuk menjadikan madu sebagai salah satu campuran dalam menu makan kita.

Mudah diserap tubuh
Ini dikarenakan adanya perubahan zat gula ( fruktosa menjadi glukosa ) yang terdapat di dalam madu. Meskipun kandungan zat asam madu begitu tinggi, namun ia dapat diserap dengan mudah bahkan oleh perut yang sensitif. Madu juga membantu kinerja usus dan ginjal.

Tidak mengandung bakteri
Madu tidak mengandung bakteri apapun di dalamnya. Hasil uji coba labotarorium menunjukkan bahwa madu yang tidak disaring, memiliki kemampuan 2 kali lebih hebat dalam membunuh kuman dan bakteri daripada madu yang disaring.

Menguatkan kerja lever dan jantung
Madu diujicobakan kepada penderita lever di Universitas Polonia, Italia. Hasilnya, madu dapat menguatkan dan membangkitkan kerja lever. Selain itu, madu juga mampu mengganti substansi yang hilang akibat kerja otot jantung yang terus-menerus. Kunci mekanisme kerjanya terletak dalam glukosa dalam madu. Glukosa ini mengganti energi yang terbuang ketika jantung bekerja. Dengan demikian, jantung pun bertambah kuat dan tak kenal lelah dalam memompa darah.

Menenangkan tubuh
Untuk itulah madu digunakan untuk mengatasi gangguan tidur.Perlu digarisbawahi bahwa mengonsumsi 1 sendok madu di pagi hari akan mambantu seseorang untuk tidur dengan segera dan tenang di malam hari. Pada kasus ganguan tidur yang parah, salah seorang dokter Amerika Serikat memberi resep untuk meminumkan 2 sendok teh madu kepada pasien sebelum tidur. Hal tersebut akan langsung membantunya menghilangkan gangguan tersebut.

Sebagai obat kumur dan obat batuk
Madu juga sering di campur dengan obat kumur dan obat batuk.madu akan mempermudah pengeluaran dahak dari dalam mulut,sehingga mulut mudah untuk menelan makanan.selain itu,madu juga berkhasiat dalam kasus sesak dada dan batuk kering.

Penghilang nyeri lambung dan usus 12 jari
Pada kasus penyakit luka pada lambung dan usus 12 jari,banyak ilmuan Rusia dan Amerika menegaskan bahwa madu adalah obat pereda dan penghilang nyeri bagi penderita luka lambung dan usus 12 jari.reaksi muntah-muntah dan panas dalam rongga perut yang menyertai kedua penyakit ini akan berhenti setelah penderita mengonsumsi madu.lebih efektif lagi jika madu dikonsumsi langsung setelah makan.jika konsumsi setelah itu,madu akan bekerja mengatasi efek enzim-enzim yang membantu pencernaan dalam perut-efek tersebut berpengaruh terhadap dinding perut. Madu juga berfungsi menguatkan lambung. Ilmu pengetahuan modern telah menemukan bahwa madu mengandung enzim yang dapat mengubah amonia menjadi gula. Enzim ini berfungsi sebagai penguat lambung.

Membersihkan tubuh dari pengaruh miras
Madu mampu mengobati penyakit akibat kecanduan minuman keras.hal itu telah di buktikan di rumah sakit penyakit saraf dan mental,ancon,inggris,para pasien disana diberi cairan madu yang dicampur dengan air hangat dengan persentase 40%.keefektifan cairan madu ini dikarenakan ia mampu melindungi lever(hati),membangkitkan jantung,dan menjadi obat penguat.di tambah lagi dengan efek dari berbagai vitamin yang mengoksidasi sisa-sisa alkohol yang terdapat dalam tubuh.

Melindungi tubuh dari pengaruh alkohol
Madu juga berkhasiat untuk melindungi lambung dari bahaya alkohol.jurnal penyakit pencernaan skandinavia memuat hasil riset pengaruh madu dalam menjaga lambung dari pembengkakan akibat alkohol pada tikus.hasilnya sangat memuaskan bahkan periset mengusulkan agar riset serupa dilakukan terhadap manusia. Di lain pihak,ada beberapa periset yang melakukan studi tentang pengaruh madu terhadap bakteri helicobacter pylori yang menyebabkan luka pada lambung.berdasarkan penelitian dilaboratorium,pemberian madu 20% mampu menghambat bakteri itu.

Mengatasi gangguan dalam sistem pencernaan
Mekanisme kerjanya,madu membuang zat asam berlebih penyebab infeksi dalam lambung.mayoritas para medis menggunakan madu untuk mengobati infeksi perut,usus dua belas jari,dan radang amandel.

Cocok bagi penderita diabetes
Dari berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa kadargula dalam darah pasien diabetes menurun dan stabil (sama seperti orang sehat)jika mereka mengonsumsi madu.penyebabnya,madu mengandung dioksida yang membuat kadar gula lebih mudah diserap tubuh sehingga persentase gula dalam darah tidak ikut naik.madu juga efektif dalam mengobati penyakit diabetes yang disebabkan terganggunya pembenyukan sel dalam darah.

Mencegah gigi berlubang
Para periset dari selandia baru menyatakan bahwa madu sangat efektif dalam mencegah gigi berlubang mekanisme kerjanya,madu menghentikan pertumbuhan bakteri mulut penyebab plak pada gigi. Madu juga mengurangi kadar keasaman bahkan membantu menghancurkan plak.hal itu dikarenakan kandungan enzim oksida hidrogen sebagai zat anti mikroba.

Meningkatkan gairah dan mood 
Sebuah penelitian modern telah berhasil menunjukan khasiat madu dalam meningkatkan kondisi mental dan gairah seseorang. Periset mengemukakan bahwa dengan menghirup aroma madu yang menyengat bisa meningkatkan mood seseorang beberapa saat setelahnya.

Tidak menimbulkan obesitas
Para ilmuwan dari universitas illinois,amerika serikat telah berhasil mengetahui bahwa meskipun seseorang kenyang dengan mengonsumsi madu,berat badan mereka tidak bertambah.

Menurunkan kadar kolesterol berbahaya
Sebuah institut pendidikan islam berhasil menemukan khasiat madu dalam menurunkan kadarkolesterol berbahaya dalam tubuh.selain itu,hanya dalam waktu 2minggu saja madu juga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar